Pengertian Asbes dan Sejarahnya

Asbes 

Asbes adalah istilah komersial yang digunakan untuk menggambarkan dua keluarga mineral alami. Amfibol mengandung serat lima jenis dan berbagai serpentine, chrysotile, yang bahan diketahui para leluhur. Lebih dari 4000 tahun yang lalu, tembikar di Afrika dan Finlandia mengandung asbes, dan rumah Finlandia yang diketahui mengandung batu asbes untuk kemasan retakan pada pondok kayu. Lampu dari perawan Vestal di Roma kuno memiliki sumbu yang terbuat dari asbes sehingga lampu akan membakar terus menerus, selama mereka diisi dengan minyak. Berbagai sejarawan Romawi mencatat budak yang bekerja di tambang asbes yang tidak sehat dibanding yang lain, dan pemikiran untuk mati muda.

Selikoff dan Lee juga melaporkan bahwa Charlemagne, Kaisar Kekaisaran Romawi Suci, konon sudah memiliki taplak meja tenun asbes, dan akan mengherankan tamunya dengan membersihkan taplak meja di perapian. Body baju besi dari
abad 15 tercatat mengandung asbes dan pada tahun 1700-an, Norwegia memproduksi sumbu asbes dan kertas. Endapan utama dari asbes ditemukan di Pegunungan Ural sekitar 1720 dan menyebabkan pembentukan industri asbes pada saat itu dengan produksi tekstil, kaus kaki dan sarung tangan, dan tas. Sementara di Eropa, dicatat memiliki sebuah tas yang terbuat dari asbes. Ketahanan kain asbes dan kertas mestinya diperhatikan, dan jas seluruhnya terbuat dari asbes lindung yang masih muda sebagaimana ketika berjalan melintasi gemuruh api pada tahun 1820.
Paus Pius IX dilaporkan memiliki kertas asbes yang dikembangkan untuk menjaga dokumen penting aman dari kebakaran di Vatikan.

Sejarah modern asbes dapat ditelusuri dengan penemuan, atau penemuan ulang dari asbes pada Kanada dan Afrika Selatan. Pada tahun 1850, Endapan chrysotile dikenal sekitar Thetford, pada Kanada, dan deposito ini lagi-lagi diapresiasi menyusul kebakaran hutan saat di croppings dari pertengahan 1870-an batuan yang tercatat tidak terbakar. Pada tahun 1876, sekitar 50 ton dari asbes sedang ditambang pada Quebec dan dibawa ke pasar melalui rel kereta api yang dibuat khusus. Pada sekitar tahun 1950-an, lebih dari 900.000 ton per tahun sedang ditambang dengan nilai hampir 100 juta dolar.

Pada awal 1800-an, asbes dicatat ada di Afrika Selatan,  khususnya di wilayah barat laut Provinsi Cape, dan nama crocidolite diberikan kepada batu bluecolored atau dikenal sebagaimana “batu seperti wol.” kepentingan lebih lanjut tidak terjadi sampai tahun 1880 dan catatan pertama produksi serius tidak terjadi sampai awal abad ke-20. Jumlah asbes yang dihasilkan jauh kurang dari dari Kanada, sisanya di bawah 10.000 ton per tahun sampai 1940. Dalam Afrika Selatan bentuk yang berbeda dari asbes ditambang dan disebut dengan amosite, suatu singkatan untuk
Asbes Pertambangan Afrika Selatan. Pada tahun 1970, sekitar 80.000 ton per tahun amosite sedang diproduksi. Tambang-tambang dimana mayoritas amosite ini berasal dijalankan oleh sejumlah kecil Eropa dengan 6500 pekerja lokal kulit berwarna.

Lokasi lain dengan produksi yang signifikan dari asbes termasuk Italia, Rusia, Amerika Serikat, Rhodesia (kini Zimbabwe), dan baru-baru ini, Cina. Italia itu tidak pernah menjadi produsen utama asbes, karena tidak mampu bersaing dengan jumlah yang lebih besar yang ada di Kanada. Produksi Rusia sangat besar, menyaingi yang diproduksi pada Kanada. Di Amerika Serikat Endapan kecil yang ditambang pada Vermont, Arizona, dan California. Endapan lebih kecil dari anthophyllite yang ditambang di North Carolina dan Georgia. Di Zimbabwe, penambangan menjadi awal operasi di abad 20 dan mencapai puncak produksi 95.000 ton.

China telah menjadi produsen utama serta saingan Kanada dan Rusia dalam hal produksi asbes. Pada tahun 2000, Rusia memimpin dunia dengan 700.000 ton, diikuti oleh 450.000 ton dari China dan 335.000 ton dari Kanada. Pada tahun 2000, Amerika Serikat memproduksi hanya beberapa 7000 ton dari penambangan di California dan di tempat lain, hal ini dari seluruh dunia produksinya 2.130.000 tons. Tidak mengherankan, Rusia dan Cina menyumbang untuk konsumsi sebagian besar asbes diikuti oleh Brazil, India, Thailand, dan Jepang. Amerika Serikat digunakan sekitar 15.000 ton asbes pada tahun 2000, turun dari puncak 750.000 ton per tahun di awal tahun 1970.

Pada kebutuhan per kapita, penggunaan asbes terbesar di Rusia serta bekas Republik Soviet negara, serta di Thailand. Di antara negara-negara dengan penggunaan terendah per kapita, selain di negara-negara yang ada sekarang melarang asbes, adalah Kanada, Amerika Serikat, dan beberapa orang lain pada sepersepuluh dari satu kilogram per kapita per tahun. Meskipun berdasarkan per kapita India berada di peringkat rendah, berdiri keempat di penggunaan total dunia. Cina, sedangkan yang kedua di dunia, memiliki jumlah yang relatif rendah per kapita, mengingat dasar populasi yang besar. Utama penggunaan di Amerika Serikat adalah untuk semen asbes serta bahan atap. Dalam banyak seluruh dunia yang mengandung asbes semen, bahan bangunan, produk gesek serta tekstil yang dibuat, digunakan, serta diekspor.



Sumber :

Ronald F. Dodson., Samuel P. Hammar., 2006,  ASBESTOS Risk Assessment, Epidemiology, and Health Effects, Published by CRC Press Taylor & Francis Group




Rating: 5

0 komentar: