Ternate Rawan Dengan Bencana Tsunami

Peneliti LIPI: Ternate Rawan Bencana Tsunami." Sebagai daerah kepulauan yang diapit tiga lempeng besar, yakni lempeng Pasifik, Laut Sula dan Laut Sorong, Ternate rawan dihantam gempa besar yang berpotensi menimbulkan tsunami.

Demikian diungkapkan Fidel Afriadi Bustani, pakar peneliti LIPI di sela-sela kegiatan Latihan Penyelamatan Diri Terpadu (LPTD) di Kelurahan Jambula, Kecamatan Pulau Ternate, Sabtu (23/8/2008).

Menurut Fidel, pergerakan tiga lempeng di atas setiap tahunnya, mencapai tujuh centi meter. Dikhawatirkan hal itu bisa menimbulkan bencana besar. "Karena jarang diguncang gempa, energi tiga lempeng tersebut makin meningkat karena tidak ada pelepasan energi. Jika saja diguncang gempa sekuat 7 Skala Richter (SR), bisa dipastikan akan menimbulkan tsunami," paparnya.

Pria yang merupakan koordinator Edukasi Publik dan Kesigapan Masyarakat Compress LIPI ini menjelaskan, daerah pesisir barat pulau Ternate memiliki tingkat kerawanan tinggi dihantam tsunami.

"Kontur wilayah yang sangat rendah hampir mencapai 500 meter dan menghadap langsung ke Barat Laut yang menjadi pusat kegiatan lempeng tersebut, jadi memang cukup rawan," tambahnya.

Mengantisipasi segala kerawanan yang bisa muncul, pihak LIPI berencana menggelar Pameran Daerah Siaga Bencana yang mengusung tema "Indonesia Rawan bencana, Mari Kita Siaga" di Ternate 24 dan 25 Agustus.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberi pemahaman konfrehensif kepada masyarakat setempat. "Kita tak ingin kecolongan seperti derah lainnya. Makanya masyarakat perlu diberi pengetahuan dini. Termasuk mengubah pemikiran tentang bahaya bencana terutama tsunami, terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah pesisir," tambahnya. (ful)


Oleh : Rival Fahmi
Sumber : Okezone






Rating: 5

0 komentar: