Ilmu komputer dan Penjelasannya

Ilmu komputer

Ilmu komputer (bahasa Inggris: Computer Science), secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritma sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun demikian, kedua istilah tersebut sering disalah-artikan oleh banyak orang.

Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoritis (seperti komputer random and komputer oracle).

Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritma), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman).

Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri.

Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer.

Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya.

Edsger Dijkstra mengatakan:

    Ilmu komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop

Fisikawan Richard Feynman mengatakan:

    Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif!

Catatan tentang istilah 'Informatika' dan 'Ilmu komputer'

Dalam bahasa Indonesia, istilah Informatika diturunkan dari bahasa Perancis informatique, yang dalam bahasa Jerman disebut Informatik. Sebenarnya, kata ini identik dengan istilah computer science di Amerika Serikat dan computing science di Inggris. Namun, istilah informatics dalam bahasa Inggris memiliki makna yang sedikit berbeda, yaitu lebih menekankan pada aspek pengolahan informasi secara sistematis dan rasional.
Hubungan Informatika dengan bidang lain

Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang lain. Bidang-bidang ini tidak benar-benar terpisah, sekalipun mempunyai perbedaan penting.
Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi yaitu: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen. 'Sistem Informasi' dapat berupa gabungan dari beberapa elemen teknologi berbasis komputer yang saling berinteraksi dan bekerja sama berdasarkan suatu prosedur kerja (aturan kerja) yang telah ditetapkan, dimana memproses dan mengolah data menjadi suatu bentuk informasi yang dapat digunakan dalam mendukung keputusan.
Ilmu Informasi

Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi, mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisis, menyimpan, dan mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisis komunikasi dan basis data.
Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak pada prinsipnya menekankan pada tahapan-tahapan pengembangan suatu perangkat lunak yakni : Analisis, Desain, Implementasi, Testing dan Maintenance. Pada tahap yang lebih luas Rekayasa Perangkat Lunak mengacu pada Manajemen Proyek pengembangan Perangkat Lunak itu sendiri dengan tetap memperhatikan tahapan-tahapan pengembangan sebelumnya.

Dalam pengembangannya perangkat lunak memiliki berbagai model yaitu model water fall ('model konvensional' sebagai model terdahulu yang dikembangkan dan karena model water fall nyaris sama dengan siklus hidup pengembangan sistem), model prototype ('model yang disukai oleh user dan pengembang), model sequensial linear, model RAD 'rapid aplikation model', model 'formal method' atau 'metode formal' disini sebelum diadakannya implementasi terlebih dahulu rancangan model yang dibuat diverifikasi terlebih dahulu sehingga tidak ada lagi kesalahan - kesalahan pada saat implementasi.
Rekayasa Komputer(Rekayasa Perangkat Keras)

Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisis, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.

Ilmu yang mempelajari segala aspek pembuatan, konstruksi, pemeliharaan perangkat lunak.
Keamanan Informasi

Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisis dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk Kriptografi).
Cabang Ilmu Utama Informatika
Dasar Matematika

    Aljabar Boolean
    Matematika Diskrit
    Teori Graf
    Teori Informasi
    Logika Simbolik
    Peluang and Statistik

Teori Ilmu Komputer

    Teori Informasi Algoritmik
    Kompilator
        Analisis Leksikal
        Penguraian
    Kriptografi
    Semantik Denotasional
    Teori Komputasi (atau Ilmu Komputer Teoritis)
        analisis dari algoritma dan kompleksitas dari problem
        logika dan arti dari program
        logika matematika dan bahasa formal
    Teori Tipe

Perangkat Lunak

    Program Komputer and Pemrograman Komputer
        Pemrograman Paralel
        Spesifikasi Program
        Verifikasi Program
    Teknik Pemrograman
    Rekayasa Perangkat Lunak
        Optimisasi
        Metrik Perangkat Lunak
        Pola Desain
        Metode Pengembangan Perangkat Lunak
    Bahasa Pemrograman
    Sistem Operasi

Organisasi Sistem Komputer

(lihat juga elektronika)

    Arsitektur Komputer
    Jaringan Komputer
    Komputasi Terdistribusi
    Komputasi grid
    Kinerja dari Sistem
    Implementasi dari Sistem Komputer

Data dan Sistem Informasi

    Struktur Data
    Representasi penyimpan data
    Enkripsi data
    Kompresi data
    Pengkodean dan Teori Informasi
    Berkas
        Format Berkas
    Sistem Informasi
        Basis Data
        Data Mining
        Data Warehouse
        Penyimpanan dan Pengambilan Informasi
        Antarmuka dan presentasi informasi

Metodologi Komputasi

    manipulasi simbolik dan aljabar
    Kecerdasan Buatan
    Grafik Komputer
    Pengolahan Citra dan Visi Komputer
    Pengenalan Pola
        Pengenalan Suara
    Simulasi dan Pemodelan
    Pengolahan dokumen dan teks
    Pengolahan Sinyal Digital

Aplikasi Komputer

    Pengolahan data administratif
    Perangkat lunak matematika
        Analisis numerik
        Pembukti teori otomatis
        Aljabar komputer
    Ilmu dan teknik fisika
        Kimia Komputasional
        Fisika Komputasional
    Ilmu hayat dan medis
        Bioinformatika
        Biologi Komputasional
        Informatika Medika
    Sosiologi
    Seni dan kemanusiaan
    rekayasa berbantuan komputer
    Robotik
    Interaksi manusia dan komputer
        Sintesa suara
        Rekayasa kedapatgunaan
    Hiburan
        Permainan Komputer

Lingkungan Komputasi

    Industri Komputer
    Sejarah dari Perhitungan
    Komputer dan pendidikan
    Komputer dan masyarakat
        Kerja Kooperatif Didukung Komputer
    Aspek hukum dari komputer
    manajemen dari komputasi dan sistem informasi
    personal komputer

    Komputer dan Keamanan Informasi

Sejarah

    Sejarah dari Perhitungan
    Projek pemrograman awal
    Departemen Ilmu Komputer
    Garis Waktu dari Algoritma

Ahli Terkenal Ilmu Komputer

    John Backus Penemu FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama dan susunan Backus-Naur untuk mendeskripsikan bahasa formal sintaks.
    James Cooley dan John Tuckey Fourier Transform Cepat (Fast Fourier Transform) dan pengaruhnya pada riset keilmuan.
    Ole-Johan Dahl dan Kristen Nygaard, penemu bahasa berorientasi objek SIMULA.
    Edsger Dijkstra untuk algoritma, Goto dianggap berbahaya.
    Kenneth Iverson Penemu APL, untuk kontribusinya di perhitungan interaktif.
    William Kahan untuk standard IEEE floating-point.
    Donald Knuth untuk Seni dari Pemrograman Komputer
    Ada Lovelace programer terkenal pertama di dunia
    John von Neumann yang telah mengembangkan arsitektur von Neumann.
    Claude E. Shannon untuk teori informasi
    Alan Turing untuk teori komputabilitas.
    James Wilkinson Teknik "analisis kesalahan dari belakang" dan kemajuan di bidang perhitungan matriks. Wilkinson adalah juga penggerak dalam pengembangan Pilot ACE, komputer di Inggris yang pertama, pada akhir 1940-an. (lihat Wilkinson pada biografi MacTutor.)
    Konrad Zuse Pembuat binari komputer yang pertama pada 1930-an, di mana dia menrencanakan bahasa pemrograman jauh sebelum waktunya.


Sumber: Wikipedia



Rating: 5

0 komentar: